Tip Menghindari Efek Samping Obat

pill-316599_640Tips to Avoid Side Effects

Teman, mungkin sebagian besar dari kamu sudah tahu bahwa obat selain menyembuhkan juga memiliki efek samping yang dapat berbahaya bila kita tidak berhati-hati waktu minum obat. Sebenarnya semua obat memiliki efek samping, tapi tidak semua orang merasakan efek samping tersebut, dan tidak semua orang dapat menangani efek samping obat dengan baik.

Apakah karena ada efek samping maka kita tidak menggunakan obat? Padahal kita tahu bahwa penyakit disembuhkan dengan obat. Disini kita mulai berpikir mengenai resiko dan manfaat mengkonsumsi obat, karena biasanya manfaat obat lebih penting dari pada efek samping obat, terutama bila kita bisa waspada dan dapat mengelola efek samping obat.

Biasanya dengan bertambahnya usia, maka seseorang lebih cenderung merasakan efek samping dari pada waktu usia muda, karena kemampuan tubuh untuk memecah zat dapat menurun yang dapat juga berdampak terhadap penyerapan obat. Akan tetapi jangan khawatir, karena kita dapat mencegah atau meminimalisir efek samping tersebut. Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai efek samping obat dan tip menghindari efek samping obat.

Apakah efek samping obat?
Efek samping obat dapat berupa gejala yang tidak terduga atau tidak diingini, atau perasaan tidak enak yang kita rasakan ketika kita minum obat.

Efek samping dapat relatif kecil, seperti sakit kepala atau mulut kering. Tetapi bisa juga parah seperti pendarahan atau kerusakan permanen pada hati atau ginjal yang dapat mengancam jiwa.

Kapan dan bilamana kita merasakan efek samping obat?
Tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui apakah kita akan mengalami efek samping pada waktu minum obat. Ada orang yang dari awal minum obat sudah merasakan efek samping, tapi ternyata efek samping tersebut kemudian pergi setelah beberapa lama atau beberapa kali minum obat. Atau ada orang yang awalnya minum obat baik-baik saja dan tidak merasakan efek samping, tetapi di akhir minum obat atau pada waktu selesai minum obat yang terakhir kali barulah efek samping tersebut muncul.

Siapa yang paling beresiko merasakan efek samping obat?
Selain orang yang lebih tua, orang yang minum beberapa obat pada kurun waktu yang sama harus ekstra hati-hati. Karena obat dapat berinteraksi satu sama lainnya dengan cara yang tidak terduga. Demikian juga obat berinteraksi dengan makanan, yang penjelasannya dapat dibaca disini.

Hal-hal apa saja yang perlu kita lakukan untuk menghindari efek samping?
Beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mencegah atau mempersiapkan diri terhadap efek samping yaitu:

– Konsultasikan dengan dokter atau apoteker tentang obat yang akan kita minum, informasikan kepada mereka mengenai obat-obatan yang sudah anda beli dan minum termasuk obat-obat OTC.
– Informasikan juga kepada dokter dan apoteker mengenai pengalaman kita dengan obat-obatan. Mungkin kita pernah mengalami ruam, gangguan pencernaan, pusing atau kehilangan nafsu makan setelah minum obat-obat tertentu.
– Konsultasikan mengenai interaksi obat dengan makanan atau dengan obat bebas dan suplemen yang sedang kita pakai.
– Tanyakan kepada dokter, bila kita merasakan efek samping yang mengganggu apa yang harus kita lakukan dan siapa yang dapat kita hubungi untuk konsultasi.
– Baca label atau etiket obat yang tertera pada obat yang kita beli (akan beli).
– Stop konsumsi obat, bila merasakan efek samping yang mengganggu dan informasikan segera secepatnya ke dokter. Jika kita khawatir bahwa obat yang diresepkan dokter memiliki efek samping yang berbahaya, minta kepada dokter untuk mengganti dengan obat lain yang khasiatnya sama tetapi lebih aman.
– Jangan lupa mencatat efek samping yang kita alami, sehingga kita dapat melaporkan dengan jelas dan benar kepada dokter
– Jangan mencampur alkohol dengan obat-obatan
– Upayakan selalu minum obat dengan air putih, karena air putih merupakan larutan yang netral.
– Dalam situasi yang mungkin ekstreem karena timbulnya efek samping seperti sulit bernafas, terjadi pembengkakan wajah, bibir, lidah atau tenggorokan dan kehilangan kesadaran, harus segera langsung pergi ke emergency rumah sakit terdekat anda. Hal ini sangat jarang terjadi, terutama bila anda sudah melakukan tip-tip yang telah disebutkan di atas.

Disamping hal-hal yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa tip praktikal untuk menghindari efek samping obat:

Jenis Efek Samping Cara pengatasan
Sembelit- Makan makanan lunak seperti sereal dan makanan buah-buahan yang berserat tinggi seperti apel, pepaya, dll
- Banyak minum air putih
- Tingkatkan olah raga
Mengantuk di siang hari- Tanyakan ke dokter, mungkin obat bisa diminum pada waktu malam hari dan pada waktu jam istirahat kita
- Jangan mengemudi pada waktu minum obat
- Masalah mengantuk bisa hilang bila tubuh kita sudah terbiasa dengan obat ini.
Diare- Pilihlah makanan yang rendah serat seperti bubur/nasi lunak dan makanan yang tidak keras seperti telur, ayam kukus, dll
- Hindari makanan pedas dan berlemak tinggi.
Pusing- Upayakan bangun perlahan-lahan dari duduk atau berbaring
Mulut kering - Makan permen karet/permen tanpa gula
- Banyak minum air putih
Sakit kepala- Masalah ini bisa hilang bila tubuh anda sudah terbiasa dengan obat ini.
- Konsultasikan dengan dokter/apoteker, apakah dapat minum obat sakit kepala yang cocok dengan kondisi kita
Kehilangan selera makan- Cobalah untuk makan lebih sering, makan makanan ringan sehat di antara waktu makan, sertakan makanan favorit setiap kali makan.
- Sebelum makan, jalan-jalan dulu agar kita merasa lapar. Atau lakukan aktifitas lain yang dapat memancing rasa lapar kita.
Mual- Makan beberapa kali makanan kecil sehari daripada dua atau tiga kali makan besar.
- Coba makan permen peppermint atau permen karet. Peppermint dapat membantu menyelesaikan rasa mual Anda.
- Coba makanlah makanan hambar, seperti kerupuk kering atau roti tawar. Hindari makanan gorengan, manis, dan pedas
- Konsultasikan dengan dokter apakah anda perlu obat anti mual, supaya dapat makan.
Merasa gugup atau gelisah- Masalah ini bisa hilang bila tubuh anda sudah terbiasa dengan obat ini.
- Konsultasikan ke dokter, mungkin kita dapat diberikan obat dengan dosis yang lebih rendah.
Masalah seksual- Tanyakan kepada dokter Anda jika Anda dapat mengambil dosis yang lebih rendah atau ada alternatif obat lain yang lebih aman
Sensitif terhadap matahari- Bila keluar rumah pakailah pakaian yang tertutup, dan gunakan tabir surya yang memiliki SPF dengan nilai yang besar.

Mudah-mudahan tip menghindari efek samping obat di atas membuat kita lebih tenang dan nyaman pada waktu mengkonsumsi obat yang diperlukan untuk menyembuhkan penyakit kita. Salam Sahabat Sehat.