Obat Berhenti Merokok Ada atau Tidak?

Obat untuk berhenti merokokBagi orang-orang pecandu rokok, rasanya tidak bisa hidup tanpa rokok. “Mendingan aku nggak usah makan deh, asalkan bisa merokok”. Pernah nggak denger temen bicara begitu? Sebenarnya tanpa mereka sadari, mereka itu sudah menderita suatu keadaan adiksi atau kecanduan terhadap rokok. Keadaan adiksi tersebut disebabkan nikotin yang ada di dalam rokok apalagi jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Repotnya adalah jika mereka melakukan penghentian secara mendadak maka akan timbul gejala putus nikotin yang mungkin juga membuat mantan perokok menderita.

Saat ini situasi sudah bergeser, kalau dulu orang muda terutama cowo dibilang nggak keren kalau tidak merokok, sekarang menjadi kebalikannya. Ada yang berpersepsi bahwa hanya orang yang dianggap “bodoh” yang merokok. Hal ini disebabkan karena sudah semakin banyak orang yang berpendidikan dan mengenal bahaya akibat merokok. Disamping itu, juga sudah marak kampanye-kampanye anti rokok karena merokok itu bukan hanya merugikan kesehatan si perokok tetapi juga merugikan kesehatan orang-orang disekitarnya yang terkena asap rokok. Demikian pula pemerintah sudah menerapkan peraturan-peraturan yang cukup ketat antara lain adanya peringatan bahaya merokok di setiap bungkus rokok, pembatasan iklan rokok, dan orang tidak bebas lagi sembarang merokok di tempat tertutup. Dengan demikian semakin banyak orang yang berpikir untuk berhenti merokok, tapi tidak tahu caranya dan bagaimana memulainya.

Ada beberapa step untuk berhenti merokok tergantung dari Anda perokok ringan atau perokok berat serta tujuan dan komitmen Anda untuk berhenti merokok. Bila Anda masih perokok ringan dan komitmen Anda cukup kuat bisa dengan self-help program, yaitu melakukan sendiri tanpa atau dengan bantuan panduan pedoman tertulis. Bila anda perokok berat, sebaiknya keinginan anda untuk berhenti merokok melalui proses konseling dengan konselor “berhenti merokok”. Konselor tersebut biasanya tenaga kesehatan terlatih, bisa dokter, apoteker di apotek atau perawat yang secara keilmuan mereka memang sudah paham mengenai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh rokok.

Mungkin banyak pula yang berpikir, obat berhenti merokok ada atau tidak? atau bertanya apa yang harus saya konsumsi sebagai pengganti rokok? Di pasaran terdapat beberapa obat yang umum digunakan untuk mereka yang bermasalah pada waktu berhenti merokok dan kebanyakan harus dengan resep dokter. Obat-obat tersebut yaitu:
• Nicotine replacement therapy (NRT) bentuknya antara lain permen karet, permen isap, spray dan inhaler. Di apotek di Indonesia dapat ditemukan nikotin dengan bentuk permen untuk perokok yang mungkin bisa dicoba dengan kegunaannya untuk mencegah putus nikotin. Pasien harus berhenti merokok pada waktu mengkonsumsi NRT ini. Pasien jantung tidak boleh mengkonsumsi NRT.

• Buroprion SR yang masih belum beredar di Indonesia, merupakan obat anti depresan untuk mengurangi hasrat merokok dan mencegah terjadinya putus nikotin.

• Varenicline yang memiliki efek klinis mengurangi “sakau” (keinginan yang kuat)untuk merokok, pusing, rasa tidak nyaman dan bad mood serta membantu menghilangkan rasa nikmat dari rokok.

Jadi tunggu apalagi, ayo berhenti merokok!!