Kenali Efek Baik dan Buruk dari Aspirin!

pills-384846_640Knowing the good and the bad of Aspirin!

Artikel ini merupakan copy paste dari merdeka.com dengan reporter: Destriyana. Kenapa artikel aku taruh disini? Karena setelah aku tulis mengenai penyakit jantung koroner tertulis salah satu obat untuk mengatasi penyakit jantung koroner adalah aspirin. Sementara itu di pasaran aspirin adalah obat bebas yang mudah didapat. Bagi orang yang kurang berhati-hati dan ingin praktis, mungkin bila ada keluhan pada dada (gejala penyakit jantung koroner) dapat dengan mudah membeli aspirin dan mengkonsumsinya karena berpikir tidak ada bahayanya. Tetapi dari artikel ini anda dapat melihat bahwa penggunaan aspirin harus tetap hati-hati, dan bila digunakan pada penyakit yang serius seperti penyakit jantung koroner maka sebelum mengkonsumsi aspirin anda seharusnya berkonsultasi pada dokter atau apoteker tempat anda membeli obat. Aku juga membuat sedikit tambahan keterangan atau komentar pada artikel ini.

Merdeka.com – Selama hampir satu abad, manusia telah menggunakan aspirin sebagai obat penghilang rasa sakit. Aspirin menjadi salah satu obat yang paling umum tersedia di pasaran. Efek utama aspirin adalah dapat meredakan rasa sakit di kepala dan demam. Tetapi, aspirin juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti menjadi obat darurat untuk menunda serangan jantung. Namun, bahan kimia tetaplah bahan kimia. Zat tersebut tentu memiliki efek samping yang buruk untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah tidak terbatas. Berikut adalah efek baik dan buruk dari aspirin pada tubuh manusia, seperti dilansir Boldsky.

1. Penghilang rasa sakit di kepala
Aspirin dapat menyingkirkan sakit kepala dengan cepat. Tidak ada obat yang lebih baik atau lebih cepat untuk menyembuhkan rasa sakit di kepala, selain aspirin.

2. Mencegah serangan jantung
Aspirin bisa menjadi pertolongan pertama untuk orang yang mengalami serangan jantung. Aspirin efektif mengencerkan dan memecah gumpalan darah. Tapi hati-hati bagi yang memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan masalah pembekuan darah (lihat no.10)

3. Demam
Ketika Anda merasa demam dan seluruh tubuh Anda terasa sakit, satu tablet aspirin dapat membuat Anda merasa jauh lebih baik. Obat ini dapat menangani demam ringan dan nyeri karena flu.

4. Menyembuhkan jerawat
Aspirin juga dapat digunakan pada jerawat untuk menyingkirkan mereka dengan cepat. Caranya adalah dengan menghaluskannya jadi bubuk dan menempelkannya di kulit yang berjerawat. Aspirin memiliki asam salisilat yang sangat efektif untuk mengobati jerawat.

5. Mengobati gigitan serangga
Rasa gatal yang disebabkan gigitan serangga bisa menjadi sangat merepotkan. Aspirin memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menenangkan gigitan serangga.

6. Mengatasi ketombe
Tidak peduli seberapa sering Anda mencuci rambut, ketombe akan terus datang kembali. Coba campurkan beberapa bubuk aspirin ke dalam shampo Anda untuk menjauhkan ketombe.

7. Mencegah kerusakan hati
Sebuah percobaan pada tikus menunjukkan bahwa dosis rendah aspirin dapat melindungi hati terhadap kerusakan. Hal ini bisa sangat berguna bagi pecandu alkohol.

8. Melawan Kanker
Dosis rendah aspirin dapat menjadi obat pencegahan terhadap kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa aspirin juga dapat menghambat penyebaran kanker.

9. Penyebab kejang
Setiap orang yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma tidak disarankan mengonsumsi aspirin. Aspirin dapat menyebabkan kejang paru-paru yang buruk bagi pasien asma.

10. Bisa menyebabkan perdarahan internal
Asupan aspirin dapat menyebabkan perdarahan internal. Aspirin dapat mengencerkan darah dan berbahaya bagi orang yang memiliki masalah pembekuan darah. Hati-hati bagi anda yang ingin melakukan pencegahan penyakit jantung koroner dengan aspirin, sebaiknya bicarakan dulu dengan dokter anda, dan periksa apakah anda memiliki riwayat yang berhubungan dengan pembekuan darah.

11. Bukan untuk anak
Anak di bawah usia 16 tahun tidak boleh diberikan aspirin. Aspirin dapat dikaitkan dengan sindrom Reye pada anak-anak yang mengarah ke peradangan parah pada hati dan otak yang bisa berakibat fatal.

12. Bukan untuk penderita maag
Aspirin kurang baik untuk orang yang memiliki penyakit maag, karena aspirin bersifat asam maka akan memperparah penyakit maag terutama bagi penderita maag kronis.

Sekarang kita sudah kenali efek baik dan buruk dari aspirin. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi aspirin dengan bertanggung jawab setelah berkonsultasi dengan dokter atau apoteker anda.