Jahe dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Jahe or Ginger

Ginger and Health Benefits

Sebagian besar dari kita sudah mengenal jahe sebagai bumbu dapur dan sebagai minuman seperti dalam sekoteng dan minuman jahe instan bubuk. Rasanya enak dan segar. Tapi sebenarnya khasiat jahe bisa lebih dari sekedar minuman segar. Sudah sejak lama nenek moyang kita menggunakan jahe sebagai “obat” bagi berbagai penyakit. Bila kandungan jahe diisolasi secara khusus maka jahe bisa menjadi obat. Aku sendiri kalau sedang sakit flu biasa memulihkan kesehatanku dengan jahe seduh dan madu murni. Biasanya secara perlahan-lahan penyakitku akan berkurang, dan lebih cepat sembuh jika disertai istirahat yang cukup. Berikut gambaran mengenai jahe dan manfaatnya bagi kesehatan.

Apa nama latin jahe?
Nama latin jahe adalah Zingiber officinale Rosc. Nama Zingiber berasal dari bahasa Sansekerta “singabera” dan Yunani “Zingiberi” yang berarti tanduk, karena bentuk rimpang jahe mirip dengan tanduk rusa. Officinale merupakan bahasa latin (officina) yang berarti digunakan dalam farmasi atau pengobatan (Bermawie N dan Purwiyanti S)

Ada berapa jenis jahe yang umum ada di pasaran di Indonesia?
Tanaman jahe berasal dari Asia Tenggara. Rimpangnya harum, terasa panas serta pedas. Di Indonesia ada bermacam jenis jahe, yang umum kita temukan adalah:
– jahe besar (jahe gajah) dengan nama latin Zingiber officinale var. Officinale
– jahe kecil (jahe emprit) dengan nama latin Zingerber officinale var. Amarum
– jahe merah dengan nama latin Zingiber officinale var. Rubrum

Apa saja kandungan jahe?
“Dalam jahe terdapat dua macam minyak yaitu minyak atsiri dan oleoresin. Jahe kering mengandung minyak atsiri sebanyak 1-3 persen. Komponen utamanya adalah zingiberene dan zingiberol, senyawa ini yang menyebabkan jahe berbau harum, sifatnya mudah menguap dan didapatkan dari cara destilasi. Selain itu, jahe juga mengandung
oleoresin sebanyak 3-4 persen. Komponen penyusunnya adalah gingerol, shogaol, dan resin. Senyawa-senyawa tersebut yang menyebabkan rasa pedas pada jahe. Sifatnya tidak mudah menguap, cara memperolehnya dengan proses ekstraksi (Fakhrudin, 1978)” (Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo, 2014)

Apa saja khasiat jahe-jahe tersebut?
Manfaat jahe merah bagi kesehatan sangat baik. Dari ketiga jenis jahe di atas yang paling banyak digunakan sebagai obat adalah jahe merah, hal ini disebabkan kandungan minyak atsirinya lebih banyak dibanding kedua jenis jahe lainnya. Walaupun kedua jahe lain juga memiliki khasiat sebagai obat.

Berdasarkan hasil penelusuran kepustakaan Hernani dan Christina Winarti ternyata banyak sekali khasiat jahe untuk kesehatan. Jahe memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Anti oksidan berguna untuk membuang racun dari tubuh dan memperlambat penuaan, bahkan disebut sebagai antikarsinogenik (mencegah kanker). Oleh karena sifat antioksidan tersebut beberapa penjual jahe bubuk meng klaim, dan memasarkan jahe merah sebagai obat untuk meningkatkan stamina laki-laki. Jadi teliti ya sebelum membeli!!!

Jahe juga terbukti memiliki aktifitas sebagai antipiretik (penurun panas) dan antitusif (menekan batuk). Terbukti karena aku sendiri kalau minum jahe waktu flu bisa cepat sembuh.

Jahe juga dilaporkan dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan meningkatkan performan dari jantung selama olah raga, karena memberikan efek relaks dalam tubuh. Lebih jauh lagi, jahe dikatakan dapat mengurangi berat badan dan anti hiperlipidemia, serta mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil. Di India dan China, teh jahe yang dibuat dari jahe segar tidak hanya mengurangi berat badan tetapi dilaporkan dapat membantu pencernaan. Enzim jahe dapat mengkatalisa protein di dalam pencernaan sehingga tidak menimbulkan mual.

Penelitian secara invitro membuktikan bahwa bahan aktif dalam jahe berpotensi dan prospektif untuk mengobati penyakit Alzheimer (Kim et al. 2002), penyakit kronik seperti diabetes (Sekiya et al. 2004), dan hipertensi (Ghayur dan Gilani 2005).

Tetapi bagi penderita maag, terutama mereka yang menderita maag akut hati-hati ya waktu minum jahe, upayakan minum jahe setelah makan dan pada waktu maag sedang tidak kumat. Karena sifat tajam dari jahe dapat memperparah sakit maag anda.

Itu informasi sekilas mengenai jahe dan manfaatnya bagi kesehatan. Ternyata banyak sekali ya, jadi jangan ragu untuk minum jahe. Bisa buat sendiri, dan harganya murah kok. Cara sederhana dengan merebus 2 gelas air dengan jahe sebesar jempol yang telah dikupas dan diiris melintang. Berikan gula atau madu secukupnya. Setelah mendidih kita diamkan, trus diminum. Salam Sahabat Sehat.