Excellent Services di Rumah Sakit, Klinik, Laboratorium dan Apotek

greeting-142343_640Excellent Services in Hospital, Clinique, Laboratorium and Pharmacy
Fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) seperti Rumah Sakit, Klinik, Laboratorium dan Apotek merupakan tempat yang memiliki ciri khas tersendiri. Di dalam fasyankes akan terdapat banyak profesional dengan multidisiplin. Disamping itu, pada umumnya fasyankes menggunakan peralatan dengan teknologi tinggi, misalnya alat Ultrasonografi, Spektrofotometri, dan alat diagnostik canggih lain. Oleh karena itu manajemen yang diterapkan pada fasyankes seharusnya juga manajemen modern yang dapat mangakomodir situasi fasyankes yang kaya teknologi tersebut.

Pada umumnya pelanggan yang datang ke fasyankes sudah memiliki ekspektasi sendiri. Karena perbedaan latar belakang pelanggan maka ekspektasi mereka berbeda-beda walaupun tujuan mereka sama yaitu memperoleh kesembuhan. Ada yang memiliki ekspektasi sangat tinggi misalnya memperoleh pengetahuan mengenai penyakit yang dideritanya dengan lengkap serta memperoleh kenyamanan dalam proses terapinya, tetapi ada juga yang hanya berharap untuk dapat sembuh secepatnya.

Sama seperti bisnis yang lain pelanggan merupakan hal yang paling penting bagi fasyankes. Tanpa pelanggan maka tidak ada aktifitas bisnis di fasyankes. Saat ini, jumlah fasyankes semakin bertambah, otomatis tingkat persaingan fasyankes juga semakin ketat. Sehingga fasyankes yang memberikan pelayanan (services) sekedarnya pelan-pelan akan ditinggalkan oleh pelanggannya. Kalau dulu pelanggan datang ke Rumah Sakit atau Klinik mungkin hanya karena ingin diobati oleh dokter tertentu yang mereka anggap cocok dan dapat menyembuhkan. Akan tetapi saat ini hal tersebut tidak cukup lagi. Semakin lama semakin banyak jumlah dokter beserta services yang ditawarkan, sehingga semakin banyak tersedia pilihan bagi pasien. Dengan semakin meningkatnya tingkat pendidikan masyarakat, maka harapan dan tuntutan mereka terhadap fasyankes juga semakin tinggi. Mereka butuh informasi yang jelas dan lengkap mengenai segala sesuatu yang terkait dengan services yang diberikan oleh fasyankes. Mereka juga berharap akan memperoleh excellent services yang diberikan oleh semua SDM (sumber daya manusia) fasyankes yang mereka temui. Manajemen fasyankes yang baik harus dapat mengantisipasi hal-hal tersebut dengan mempersiapkan sistem dan SDM yang baik agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan, sehingga pelanggan mau datang kembali bila mereka memerlukan pelayanan medis, karena pelanggan yang loyal merupakan aset bagi manajemen.

Bagaimana penerapan excellent services di Rumah Sakit, Klinik, Laboratorium dan Apotek dapat dilihat pada video di bawah ini yang juga sudah ada di youtube. File dalam bentuk PDF yang free download terdapat di bagian bawah artikel ini. Dengan menerapkan elemen-elemen kunci exellent services, diharapkan fasyankes akan memperoleh kepercayaan dari pelanggan, sehingga mereka akan loyal bahkan membawa pelanggan lain.

FILE PDF “Excellent Services untuk Pelanggan di Fasyankes”