Apotek, Bisnis yang Menguntungkan?

pharmacy-728171_640Pharmacy, profitable business?
Obat merupakan komoditi penting bagi hidup manusia. Siapa sih yang belum pernah minum obat? rasanya hampir tidak ada bukan?!! Setiap orang baik itu anak-anak, remaja ataupun dewasa hampir semua sudah pernah mengkonsumsi obat. Pada waktu lahir, bayi diimunisasi dengan vaksin, remaja umumnya paling tidak pernah minum obat batuk, obat penurun panas, dan obat sakit perut. Pada waktu dewasa tak terbilang lagi obat dan vitamin yang pernah kita minum. Setelah tua, banyak yang kesehatannya sudah tergantung kepada obat. Karena itu tidak heran apabila cukup banyak orang yang berpikir untuk membuka usaha apotek. Toh, semua orang butuh obat, jadi pasti ada saja pembeli obat di apotek.

Mulailah pikiran tersebut dituangkan kedalam ide, dan untuk visualisasinya maka ide dikembangkan menjadi suatu gagasan yang terkonsep seperti benarkah apotek suatu bisnis yang menguntungkan? Berapa modal yang dibutuhkan? Bagaimana perijinannya? Persiapan apa saja yang harus dilakukan? Serta banyak hal lain yang harus dipikirkan, dihitung dan dipelajari sebelum benar-benar akan membangun sebuah apotek.

Dari sekian banyak hal yang dipikirkan dan dipertimbangkan sebenarnya hal yang pertama-tama harus ditanyakan kepada diri sendiri adalah

“Mengapa Saya Ingin Membuat Apotek?”

Jawaban bisa bermacam-macam, kalau seorang Apoteker mungkin jawabannya bisa:
– Ingin mencari uang dengan menerapkan ilmu yang diperoleh selama kuliah kedalam praktek nyata
– Bosen menjadi karyawan, ingin menjadi bos dan toh saya Apoteker jadi segala sesuatu mengenai obat saya sudah tahu
– Saya ingin punya apotek karena saya Apoteker, biar nanti isri atau keluarga yang mengurusnya sehari-hari. Tabungan saya lumayan besar, dan sampai saat ini pekerjaan saya yang sekarang juga berpenghasilan besar.

Bila non Apoteker jawabannya mungkin:
– Saya punya ruko yang lokasinya cukup strategis, sepertinya cocok untuk dibuat apotek. Kalau mini mart sudah banyak di sekitarnya
– Saya ingin cari uang banyak (kaya) dari bisnis apotek
– Saya ingin diversikasi usaha, nanti saya hire orang yang kompeten di bidang per apotekan

Masih banyak lagi jawaban lain yang mungkin timbul dari pertanyaan “Mengapa saya ingin membuat apotek”. Semua jawaban tidak ada yang salah. Tetapi intinya adalah apakah jawaban tersebut dapat menjamin kelangsungan hidup apotek, apabila anda sudah memiliki apotek. Karena memiliki apotek itu tidak susah tetapi bagaimana apotek dapat survive, bertumbuh dan berkembang nah itu yang menjadi tantangan pebisnis apotek.

Apotek yang dapat bertahan dan sukses berkembang adalah apotek yang awal didirikannya adalah dengan tujuan “membangun apotek” dan bukan “memiliki apotek”. Untuk membangun apotek memerlukan waktu yang full time, mulai dari perencanaan, persiapan sampai pelaksanaan yang kemudian harus dievaluasi secara berkesinambungan. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah, apotek merupakan usaha khusus yang memerlukan profesionalitas khusus dan merupakan usaha yang mulia karena keberadaan apotek harus dapat melayani masyarakat yang membutuhkan. Jadi kalau anda ingin membangun apotek semata-mata karena bisnis dan tidak disertai niat luhur ingin menolong orang lain, kesampingkan saja pikiran dan ide untuk membangun apotek. Karena apotek yang seperti ini biasanya juga sulit untuk berkembang, survive mungkin tapi tidak berkembang, seperti kiasan “hidup segan mati tak mau”.

Jadi gimana? Masih berniat untuk bangun apotek? Banyak loh step-step yang harus dilakukan. Anda dapat melihat presentasi “Membangun Bisnis Apotek” pada video youtube di bawah, dan bila ingin file presentasi PDF dapat di download di bagian bawah artikel ini. Kalau ada yang belum jelas silahkan tanya di kolom komentar, saya akan berusaha untuk menjelaskan. Salam sahabat sehat.

FILE PDF “Membangun Bisnis Apotek”